Rabu, 12 Desember 2012

Cara menghilangkan komedo

cara menghilangkam komedo secara alamiCara Menghilangkan Komedo bagi sebagian orang bisa dianggap susah, alih-alih ingin menghilangkan komedo dengan cepat ternyata komedo diwajah dan dihidung masih saja ada. Nah, untuk mengetahui apa dan bagaimana komedo serta tips menghilangkan komedo secara alami, berikut penjelasannya :
Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk kecil, berwarna kehitaman  dan kadang berwarna putih kacang. Komedo yang menempel di  wajah akan terlihat  kusam dan kotor  serta tidak menarik. Penyebab munculnya komedo adalah akibat terjadinya penumpukan minyak yang berlebih, dan terjadinya penumpukan  sel kulit mati.
Orang mengenal dua istilah komedo yakni komedo  blackhead dan whitehead.
Komedo blackhead disebut juga komedo yang terbuka dimana jenis komedo  ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang berwarna hitam itu sebenarnya bukan kotoran tetapi karena terjadi  penyumbatan pori-pori maka komedo tersebut berubah hitam karena  karena teroksidasi dengan udara.
Jenis komedo  whitehead atau komedo tertutup  memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat  sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.
Penyebab Komedo
Penyebab komedo yaitu sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Timbulnya komedo makin diperparah apabila  Anda sering menggunakan pelembab, make up, terpapar udara panas dan dan lembab.
Cara menghilangkan komedo diwajah dan hidung
  • Hindari penggunaan kosmetik berbentuk krim dan minyak yang bisa meningkatkan peluang terjadinya komedo.
  • Lakukan mandi uap pada wajah Anda  seminggu sekali. Tempatkan wajah Anda di atas mangguk berisi air mendidih agar uap air menyentuh kulit wajah. Tips agar mendapatkan uap secara maksimal, tutup kepala Anda dengan handuk. Gunakan campuran madu dan gula untuk melakukan scrubbing. Cara ini dapat menghilangkan komedo secara alami sekaligus melembutkan kulit Anda.
  • Bila kulit Anda  berminyak, lakukan  masker yang berbahan tanah liat guna mengurangi minyak di kulit. Pilihlah masker yang tidak mengandung mint, peppermint atau bahan penyebab iritasi lain. Langkah terbaik hindari  memakai bahan-bahan  yang ada tambahan aroma.
  • Buatlah masker pembasmi komedo dengan mencampur air jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Oleskan pada wajah selama beberapa menit. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi komedo, tetapi juga menyingkirkan noda hitam bekas jerawat pada wajah.
  • Lembabkan wajah dengan menempelkan kain basah hangat setiap malam selama 20 menit. Gunanya untuk  mengangkat kotoran, sel-sel kulit mati dan partikel lainnya menyumbat pori-pori.
  • Wajah yang berkomedo dapat pula dibersihkan dengan menghangatkan  beberapa sendok madu. Oleskan pada wajah yang berkomedo. Cuci  wajah setelah 15 menit. Fungsi madu adalah sebagai pelembab alami sekaligus mengangkat komedo di wajah dan di hidung.
  • Wajah yang berkomedo dapat pula diolesi dengan  putih telur. Tempelkan tissue ditempat yang telah diolesi putih telur tersebut. Tunggu beberapa saat hingga putih telur tersebut kering. Bila telah  kering, angkat tissue yg  ditempelkan, maka komedopun jadi ikut terangkat dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar