Selasa, 11 Desember 2012

Manfaat Kekayaan Alam Indonesia Untuk Kecantikan


Manfaat Kekayaan Alam  Indonesia. Taman bumi indonesia begitu kaya dengan alamnya, bahkan indonesia menempati peringkat kedua di dunia sebagai negara dengan tingkat biodeversitas tertinggi setelah brazil. Hal ini menunjukan tingginya keanekaragaman sumber daya alam yang dimiliki indonesia. Beberapa faktor yang membentuk kekayaan alam indonesia begitu berlimpah :
  1. Letak astronomis, indonesia terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang hidup dan tumbuh dengan cepat.
  2. Letak geografis, indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.
  3. Perairan di indonesia mengandung berbagai jenis sumber mineral dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut.
Banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kekayaan alam yang ada di indonesia ini. Baik dari nilai perekonomian, kebutuhan hidup, kesehatan, bahkan dalam seputar dunia wanita yang selalu ingin tampil cantik dari mulai perawatan rambut, perwatan kulit, perawatan tubuh, sampai perawatan kuku, dapat di katakan sebagai rahasia kecantikan wanita terutama bagi wanita indonesia.
  1. Air, air dapat berasal dari laut, danau, sungai, dan mata air. Air di gunakan untuk keperluan domestik dan energi, perairan, bahan dasar industri minuman, pertambangan, dan juga tempat rekreasi. Selain itu manfaat air mineral yang di hasilkan oleh mata air sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Pegunungan, biasanya terdapat pertanian dan perkebunan karena tanah di daerah pegunungan lebih subur. Dari pertanian menghasilkan padi - padian ( gandum, beras putih, beras ketan, beras merah yang berkhasiat ), jagung, umbi - umbian, cabai, kacang - kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai yang dapat diolah menjadi tahu dan tempe yang ternyata sangat bermanfaat, serta sayuran dan buah - buahan. kita dapat melihat khasiat dan manfaat dari buah dan sayuran berdasarkan warnanya, selain itu buah juga merupakan perawat kulit wajah yang baik. Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari buah dan sayuran dalam ritual perawatan kecantikan seperti, ramuan untuk kulit keriput, cara alami menumbuhkan rambut, bukan hanya bisa bikin cantik  tapi juga sehat salah satunya adalah  tomat,  sirih merah, bunga melati, selain itu dapat mencerdas karena mengkonsumsi hasil pertanian diatas merupakan salah satu makanan terbaik untuk otak. Sedangkan dari hasil perkebunan antara lain karet, kelapa sawit, tembakau ( bahan baku rokok ), kapas ( bahan baku tekstil ), kopi ( bahan baku minuman ), tebu ( bahan baku gula ), rempah- rempah seperti temulawak, kunyit, jahe dll.
  3. Hutan, berfungsi sebagai penampung karbon dioksida, habitat flora dan fauna, penghasil oksigen, penyedia sumber air, modulator arus hidrologika, penyeimbang lingkungan serta mencegah timbulnya pemanasan global. Hutan juga merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. Hutan tidak hanya menyimpan potensi alam berupa kayu atau madu tapi juga masih banyak potensi hutan seperti yang telah di sebutkan. 
Masih banyak lagi pemanfaatan dari alam indonesia yang sangat menunjang baik dari perekonomian maupun kehidupan seperti dari hasil tanah, angin, tambang, peternakan / perikanan, dan pemandangan alam indonesia yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar