Rabu, 12 Desember 2012

Cra menghilangkan keloid

cara menghilangkan keloidKeloid bila tumbuh di tubuh kita memang bukan hal yang mengenakkan. Selain penampilan jadi kurang menarik, keloid juga kadang membuat diri kita jadi minder. Lalu apa sih yang  keloid itu dan bagaimana cara menghilangkannya?
Keloid yakni bagian kulit yang menebal akibat bekas luka. Bisa disebabkan karena  luka operasi atau  luka bekas jerawat. Menurut bahasa medis  keloid diartikan sebagai jaringan parut yang terus tumbuh dan tidak tahu kapan akan berhenti tumbuh. Cara menghilangkan keloid secara tuntas tidaklah mudah.Menurut beberapa dokter salah satu caranya adalah dengan jalan operasi.  Meski demikian belum tentu tempat bekas keloid yang dioperasi tidak akan tumbuh dikemudian hari. Terutama  keloid pada daerah dada dan daerah yang dekat dengan persendian, misalnya lengan atas.
Beberapa cara menghilangkan keloid  selain operasi konvensional adalah dengan  cara bedah  laser dengan resiko yang kecil. Dimana pada jaringan keloid tersebut nanti akan disuntik dengan  dengan Cortisone / injeksi kortikosteroid.  Memang rasa nyeri yang ditimbulkan karena suntikan ini sangat terasa, akan tetapi dapat diatasi dengan pemberian  obat anti nyeri. Pemberian suntikan ini biasanya didukung dengan pressure silicon sheet dan bandage yang akan membantu mencegah timbulnya keloid kembali.
Cara menghilangkan keloid yang paling sederhana dan tidak mengakibatkan rasa sakit adalah dengan cara mengoleskan salep /cream anti keloid. Namun,  pengobatan dengan salep ini untuk orang yang mempunyai genetik keloid yang kuat sangat tidak efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar