Rabu, 06 Februari 2013

3 Kunci untuk Melewati Musim Pilek dan Flu dengan Aman

3 Kunci untuk Melewati Musim Pilek dan Flu dengan Aman

Bersin-bersin, menghembuskan udara di hidung, atau serangan batuk bisa menimbulkan gangguan serius pada aktivitas sehari-hari.

Apakah Anda tahu cara terbaik untuk membantu mencegah flu? Tahun ini, jagalah keluarga Anda dari sakit dengan beberapa latihan persiapan sebelum musim pilek dan flu.

1. Jagalah sistem kekebalan Anda
Sistem kekebalan yang kuat adalah perlindungan terbaik melawan musim pilek dan flu. Jaga agar pertahanan alami keluarga Anda tetap kuat dengan taktik sederhana ini:
• Hindari stres.1 Penelitian menunjukkan bahwa stres menghambat kemampuan Anda untuk tetap sehat, khususnya selama musim pilek dan flu, jadi apa pun yang Anda lakukan untuk melawan stres dapat membantu melawan kuman. Cobalah beristirahat dengan meditasi singkat di siang hari cukup pejamkan mata dan fokus untuk menarik dan membuang napas selama beberapa menit.
• Pertahankan waktu tidur.2 Jika Anda terus tidur nyenyak selama tujuh hingga delapan jam dalam semalam, tubuh Anda punya kesempatan memperbaiki sel dan mempertahankan sistem kekebalan Anda.
• Makan teratur dan olahraga.1 Makanan bergizi seperti buah dan sayuran sehat sebagai bagian dari makanan yang seimbang memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh Anda. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa membantu. Rekomendasi umumnya adalah berolahraga ringan hingga sedang selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu.
• Minta flu shot (vaksin injeksi).3,4 Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu-satunya cara terbaik untuk mencegah flu adalah mendapatkan flu shot setiap tahun, tapi CDC secara khusus menganjurkan flu shot bagi wanita hamil dan orang yang memiliki sistem kekebalan lemah seperti anak-anak, orang tua, dan orang yang memiliki kondisi kronis tertentu.Hubungi dokter Anda untuk mengetahui apakah keluarga Anda harus divaksinasi.

2. Lawan kuman.5
Jika Anda menjauhi kuman selama musim pilek dan flu, Anda bisa menurunkan risiko sakit. Lakukan kebiasaan sederhana ini untuk membantu mencegah hidung tersumbat dan radang tenggorokan:
• Cuci tangan Anda. Dan beri tahu anak Anda tentang pentingnya mencuci tangan. Mencuci tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi, atau setelah Anda batuk, bersin, atau membersihkan hidung hanya perlu waktu 20 detik. Lamanya hampir sama dengan waktu untuk bernyanyi “Selamat Ulang Tahun” dalam hati sebanyak dua kali.
• Siapkan bantuan. Menurut US Centers for Disease Control, disinfektan tangan berbasis alkohol bisa membantu menjaga kebersihan tangan jika tidak tersedia air dan sabun. Simpan sebotol kecil disinfektan tangan di tas maka tangan Anda akan bebas dari kuman meskipun Anda sedang dalam perjalanan.
• Bersihkan meja Anda. Tempat ini sangat mungkin dipenuhi kuman di kantor. Belilah tisu disinfektan berbasis alkohol dan bersihkan meja Anda, keyboard, mouse, dan ponsel secara teratur.

3. Bersiaplah menangani gejala pilek dan flu.
Walaupun sudah berusaha keras, sulit untuk melewati musim pilek dan flu tanpa ada satu anggota keluarga pun yang sakit. Simpan obat-obat penting saat semua orang masih sehat:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar