Rabu, 06 Februari 2013

Cara membuat kue Ulang Tahun

Ulang tahun biasanya identik dengan merayakan hari kelahiran seseorang, dan dimulai dengan bertambahnya umur seseorang. Biasanya hari ulang tahun dirayakan bersama-sama dengan orang-orang terdekat, seperi keluarga, sahabat, teman, tetangga, dan lainnya. Sebenarnya ulang tahun tidak hanya diartikan sebagai hari kelahiran seseorang saja, bisa juga ditandai dengan hari ulang tahun perkawinan, hari ulang tahun perusahaan, hari kemerdekaan dan sebagainya. Intinya ulang tahun tidak akan lengkap tanpa hadirnya kue ulang tahun atau kue tart untuk merayakannya.


 
Sumber gambar : blogspot.com
Untuk merayakan hari spesial tersebut, sahabat dapat mencoba untuk membuat kue ulang tahun sendiri. Selain lebih hemat dan praktis, sahabat juga akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri sebagai hadiah untuk orang yang spesial dan teristimewa tentunya. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi panduan lengkap cara membuat kue ulang tahun khusus untuk sahabat , mulai dari kue ulang tahun sederhana hingga kue ulang tahun seperti yang dijual di toko-toko kue.

Mau tau lebih lanjut mengenai resep dan cara membuat kue ulang tahun ? Silahkan lihat selngkapnya dalam artikel berikut ini :

  • Resep Black Forest
Bahan :
-  6 butir telur ayan
- 200 gram gula pasir
- 75 gram tepung terigu protein sedang yang telah diayak
- 50 gram coklat bubuk
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- 100 gram margarin dan lelehkan
- 4 sendok makan rum tidak beralkohol
- 50 ml air gula
- 300 gram cream kocok kaleng cherry hitam, sisihkan airnya
- 100 gram coklat batangan dan serut kasar

Cara Membuat :

- Kocok telur dan gula pasir hingga halus, setelah itu masukkan tepung terigu, coklat bubuk, vanili bubuk dan baking powder, kemudian aduk dengan spatula hingga rata.
- Tambahkan margarin sambil terus diaduk satu arah hingga rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega dan dialasi dengan kertas roti.
- Panggang adonan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit, kemudain angkat dan dinginkan.
- Belahlah kue yang telah masak tadi menjadi  bagian, dan olesi setiap permukaan kue tersebut dengan rum yang telah dicampur air gula dan air cherry kalengan.
- Olesi potongan kue tersebut dengan krim kocok, setelah diolesi secara merata beri potongan cherry hitam, tumpuk dengan potongan kue lainnya. Lakukan hingga kue telah diolesi semuanya.
-  Setelah selesai, olesi seluruh permukaan kue dengan cream kocok dan taburi dengan coklat serut kasar, untuk mempercantik kue bisa dihiasi dengan buah cherry merah diatasnya.
- Kue Black Forest siap dihidangkan.

  • Resep Tart Coklat Kacang

Bahan :
- 250 gram putih telur
- 1/2 sdt garam
- 1 1/2 sdt emulsifier (SP/TBM)
- 150 gram gula pasir
- 50 gram kacang tanah bubuk
- 125 gram tepung terigu protein rendah
- 25 gram coklat bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- 50 ml susu cair
- 30 gram margarin, lelehkan
- 1/2 sdt coklat pasta

Bahan Olesan :
- 150 gram mentega putih
- 25 gram margarin
- 150 gram susu kental manis putih
- 50 gram selai kacang krimi
- 100 gram cokelat masak pekat, lelehkan

Cara Membuat :

- Kocok putih telur, garam, dan emulsifier hingga setengah mengembang, setelah itu tambahkan gula pasir sedikit - sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
- Masukkan kacang tanah bubuk dan aduk rata. Kemudian tambahkan gula, tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata bergantian dengan susu cair.
- Masukkan margarin yang telah dilelehkan dan coklat pasta sedikit - sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.
- Tuang ke dalam loyang yang berukuran 20 cm dan tinggu 7 cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
- Kukus adonan tersebut selama 20 menit dengan api sedang hingga matang. Setelah itu dinginkan.
- Selagi menunggu kue dingin, sebaiknya buatlah olesan terlebih dahulu dengan kocok mentega putih dan margarin sampai putih, masukkan susu kental manis putih, kocok rata. Setelah itu tambahkan selai kacang dan coklat masak pekat yang telah dilelehkan. Kocok hingga rata.
Setelah itu ratakan permukaan cake, oleskan dengan olesan yang telah dibuat tadi. Hias cake tersebut sesuai selera sahabat.
- Cake siap dihidangkan.

Gimana dengan resep kue ulang tahun diatas ? Cukup mudah untuk dicoba dirumah bukan ? Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan sahabat mengenai cara membuat kue ulang tahun. Terima kasih atas perhatiaanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar