Senin, 12 November 2012

5 Cara Menjaga Kebersihan Udara Dalam Rumah


RUMAH yang nyaman adalah rumah yang sehat. Ventilasi yang buruk bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit pernapasan.
Rumah yang mungil, rumah susun, hingga apartemen, cukup tricky dalam urusan menjaga pergantian udara. Namun Anda tetap dapat menjaga kebersihan udara dengan cara-cara berikut.
1. No smoking!
Selain dapat mencemarkan udara dalam rumah, asap rokok juga dapat menempel di perabotan rumah sehingga menghasilkan aroma tidak sedap. Asap rokok dapat dengan mudah melekat di sofa atau karpet. Jika ada anggota keluarga yang merokok, sarankan untuk merokok di luar rumah, seperti di teras atau balkon. Biasakan untuk mencuci karpet dan sofa secara rutin.
2. Basmi kutu dan serangga
Kutu yang bersarang di bantal atau kasur dapat membahayakan bagi kesehatan, terlebih jika terhirup oleh hidung. Jemur kasur dan bantal secara rutin agar kutu busuk menyingkir, serta cucilah peralatan berbahan linen dengan air hangat setiap satu minggu sekali.
3. Kurangi penggunaan bahan kimia
Menggunakan alat-alat rumah tangga yang mengandung bahan kimia juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya ialah spray yang mengandung aerosol. Mengurangi penggunaan alat-alat yang mengandung bahan kimia juga menjadi salah satu cara dalam melestarikan lingkungan.
4. Jaga kesehatan hewan peliharaan
Bulu-bulu hewan peliharaan dapat berbahaya bagi penghuni rumah yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma. Rajin-rajinlah menjaga kesehatan hewan, termasuk menggunakan kosmetik hewan yang dapat mengurangi kerontokan bulu.
5. Buka jendela
Membuka jendela di pagi hari dapat membantu kelancaran pertukaran udara di dalam rumah. Udara kotor di dalam rumah berganti dengan udara sejuk dan bersih, terutama di pagi hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar