Senin, 19 November 2012

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit


A. Rasa Takut Yang Berlebihan
Rasa takut yang berlebihan bagi seseorang yang akan melahirkan sangat dilarang. Hal tersebut akan menghambat proses anda dalam melahirkan. Setiap proes persalinan yang anda lakukan tentu membutuhkan sikap keberanian dari diri anda sendiri sebagai bekal untuk memotivasi diri. Bagi yang memiliki rasa takut dalam melahirkan akan enghilangkan keinginan  untuk melakukan proses mengeluarkan bayi. Olah pernafasan sangat penting dalam hal ini juga. Menjaga keseimbangan mental bisa dilakukan dengan menghindari stres, tidak boleh tertekan, membangun motivasi, memupuk optimisme dalam diri.
Melahirkan
Melahirkan
B. Membayangkan Suatu yang Negatif
Pada saat persalinan jangan pernah anda membayangkan suatu yang negatif. Hadirkan dalam fikirn anda tentang hal-hal yang positif  yang dapat membuat diri anda menjadi yakin bahwa proses persalinan anda lebih cepat dan mudah.  Yakinlah bahwa semua akan berjalan dengan lancar. Segala fikiran akan membangun segala kemungkinan. Apabila anda berfikir positif maka sesuatu yang terjadi saat anda melahirkan adalah rasa tidak sakit (LPK- Lembaga Penelitian Kesehatan 2008 ). Selau berdoa agar semuanya berjalan dengan lancar. Habis sholat  atau ibadah disarankan untuk meditasi dan relaksasi.
C. Menjaga Kebugaran Tubuh
Menjaga kebugaran anda saat sejak hamil muda sangat berpengaruh terhadap proses anda melahirkan. Untuk itu bagi perempuan yang sedang hamil 1-3 bulan, perbanyaklah melakukan senam pilates yang meliputi konsentrasi, pernafasan, pemusatan gerakan, kontrol gerakan, presisi dalam melakukan gerakan, isolasi terhadap otot yang dilatih, dan rutinitas. Dalam melakukan senam Pilates atau  ibu hamil ini juga harus hati-hati karena rawan keguguran. Selain itu juga harus makan sehat dan bergizi di imbangi buah-buahan. Sedangkan olah raga yang disaranklan bagi ibu hamil adalah jalan kaki dan senam ibu hamil. Hindari dekat dengan orang merokok atau bagi wanita dilarang minum minuman beralkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar